Mengenal dan Masuk Ke Dunia Publisher

Pada tahun 2011, dimana pertama kalinya gw bekerja setelah lulus kuliah (PPMP 1 tahun), gw berkenalan dengan seorang teman satu kantor yang pada waktu itu bekerja sebagai IT Support.

Teman gw ini, meski udah jadi IT Support ternyata memiliki passion lain di bidang internet marketer yaitu membuat blog yang bertujuan mendapatkan traffic, yang nantinya di blog itu dia melakukan softselling dengan menawarkan produk affiliasi.

Saat itu gw masih acuh alias bodo amat sama passionnya dia itu. Maklum, gw masih belum terlalu open/terbukan sama dunia internet marketing saat itu, secara gw baru lulus dan cuma tau ngoding sama troubleshooting komputer. Jadi, pikir gw itu “kerjaan akal-akalan”.. maaf ya broo..

Singkat cerita gw dan temen gw ini pun keluar dari kantor kita. Gw pindah kerja ke kantor lain, dan dia gw ga tau kemana. Tapi kita tetep keep contact alias ngesave no handphone masing-masing aja.

Hingga tahun 2015 gw masuk perusahaan agency, dan disanalah gw mulai mengerti apa itu internet marketer. Dan gw baru nyadar tentang apa yang temen gw kerjain dulu itu sebenernya bukan “kerjaan akal-akalan” melainkan kerjaan yang profitnya lumayan bagus. Sampe sini gw nyesel, kenapa gw engga belajar sama dia dulu. Setidaknya kan gw bisa punya ilmunya dan tinggal di kembangin.

Masuk tahun 2017 gw di kenalin sama temen gw yang lain, seorang publisher adsene yang udah punya profit “WOW” tapi orangnya low profile gitu.

Sampe sini, gw cuma geleng-geleng kepala sh klo liat orang yang penghasilan langit tapi hidupnya membumi.

Akhirya gw coba untuk cari tahu lebih dalam tentang dunia internet marketer tepatnya gimana caranya jadi soerang publisher atau orang yang dapet duit dari iklan di blog/webnya.

Usut punya usut, emang bener ternyata sudah banyak orang yang punya penghasilan wah, tapi kerjanya pake kolor, sarungan, dan tinggalnya di desa pula. 

Dan yang paling bikin gw shock adalah penghasilan gw sebagai “sebut aja programmer” itu kalah jauh sama mereka yang kerja di desa dan sarungan itu.

Jujur gw iri, dan sempet berfikir untuk banting setir dari pekerjaan gw yang sekarang, buat beralih jadi publisher.

Sampe gw masuk ke komunitas dan belajar langsung ke para suhu/mastah (klo anak IM pasti kenal dengan istilah ini) dsana.

Trus.. gw masukin ke dalam kesimpulan aja ya

Kesimpulan

Gw akan tetep ngoding, mulai mencoba jadi publisher, dan tetep belajar sesuatu yang baru.