Lightslider : jQuery slider paling Light dibanding OwlCarousel2 dan Slick

Beberapa hari lalu, saya sedang mengerjakan suatu project WordPress. Dan yang menajadi fokus utama dalam project ini adalah performa sehingga sebisa mungkin javascript yang digunakan haruslah benar-benar optimal. Artinya jangan terlalu banyak menggunakan framework atau library javascript dan css.

Untuk bisa mendapatkan performa terbaik, umumnya suatu halaman website setidaknya memiliki ukuran kapasitas kurang dari 1 MB saat load. Noted: 1MB halaman ya, bukan 1 MB seluruh kode secara keseluruhan

Serta sebisa mungkin hindari blocking script, yang mana hal ini bisa berpengaruh pada saat proses rendering halaman. Salah satu caranya dapat menggunakan property defer atau sync yang diletakkan pada meta script. Untuk lebih jelasnya mungkin akan saya bahas pada artikel selanjutnya atau kamu bisa cari sendiri di google yah. 🙂

Sebelum menentukan framework atau library yang akan saya gunakan. Seperti biasa, sebagai Front End saya mulai dengan menganilisis design yang sudah ada untuk kemudian saya bisa menentukan apa saja yang diperlukan dalah proses development nantinya.

Akhirnya, setelah selesai menganalisis dan menemukan kebutuhan development. Dapat disimpulkan bahwa hanya ada 1 fitur dalam project ini hanya membutuhkan library slider yaitu pada bagaian slider di beberapa halaman.

Munkin kalian bertanya, kenapa engga sekalian bikin pake pure javascript aja. Jawabannya adalah waktu dan keterbatasan ilmu saya. hehehe 🙂

Sisanya saya lebih memilih membuat library css sendiri ketimbang menggunakan library CSS seperti Bootstrap atau sejenisnya.

Proses Memilih Library Jquery Slider

Karena tujuan utama dari project WordPress yang saya buat ini adalah performa web itu sendiri maka, saya mulai mencari library yang tidak terlalu memiliki kapasitas yang terlalu besar.

Dibawan ini adalah perbandingan dari beberapa Library Slider yang saya temukan untuk di bandingkan.

OwlCarousel2

Library ini pastinya sudah banyak biasa dipakai dikalangan Front end, berikut kapasitas dari library ini

Library Owl Carousel

Slick

Sama seperti library slider lainnya, cukup banyak juga pemakainya 🙂

Library Slick

Lightslider

Dan inilah pilihan library yang saya gunakan pada project WordPress saya. Ukuran dari library ini untuk javascriptnya sendiri 16 KB versi setelah di optimasi dan CSS nya pun hanya berukuran 6 KB.

Cukup light dan bisa dibilang paling light dengan fitur yang cukup lengkap diantaranya :

  • Responsive
  • Autoslider
  • Autowith
  • Dan masih banyak lagi

Kesimpulannya

Inilah hasil perbandingan ukuran kapasitas Javascriptnya versi yang sudah di optimize dari ketiga library jQuery slider :

  • Olw Carousel sebesar 44 KB
  • Slick 44 KB
  • Lightslider 16 KB

Okey, mungkin itu aja yang mau share dari pengalaman saya dalam mencari dan membandingkan library jQuery Slider yang Light. Semoga bermfaat buat kamu yang sedang mencari-cari Library Slider Light.

See you next!