Apasih Tugas Front End Developer Itu?

Selamat pagi semua,
Kali ini gw mau cerita tentang pekerjaan gw sebagai front end developer. Semoga bisa menjawab pertanyaan temen-temen yang belum paham tentang pekerjaan gw ini.

Pendahuluan

Pengalaman gw sebagai front end developer kurang lebih di mulai dari tahun 2013. Dimana pada awalnya gw adalah seorang web developer yang kerjanya bikin web mulai dari maping database, koding back end (pake php), sampai ngerjain bagian interface (HTML, CSS, JavaScript) atau klo sekarang lebih di kenal dengan nama full stack web developer.

Singkat cerita gw mengenal WordPress di tahun 2014 yang sangat membantu sekaligus mempersingkat waktu membuat website. Dengan WordPress porsi ngoding di back end lebih sedikit, dan lebih banyak ke bagian front end nya aja.

Hingga pada tahun 2015 gw bekerja di perusahaan agency yang full menggunakan WordPress sebagai core businessnya. Jadi, developer disini ngodingnya pake standard wordpress, yang menurut gw itu simple.

Dan sejak itu lah gw lebih banyak fokus di front end.  “I Love WordPress”

Pembahasan

Front end developer atau terkadang bisa disebut UX Developer adalah seorang yang memilki tugas pokok pada bagian interface website yang terdiri dari:

  • Cross browser : tampilan website harus tetep bagus di semua browser
  • Responsive : tampilan website harus bisa menyesuaikan perangkat pengguna (mobile atau dekstop)
  • UX : memastikan user nyaman saat menggunakan website (Link, Button, Slider beserta animasi harus berjalan dengan baik)

Selain jobs utama diatas, seorang front end juga sebaiknya harus memiliki kemampuan:

CSS Arsitektur: membuat kode css yang optimal, dengan menganalisa apa perlu memakan css framework atau tidak, menghindari penulisan kode css yang duplikasi dalam class yang berbeda, foldering element class, serta metodologi dalam penulisan class css.

PWA (Progressive Web App) : kemampuan web untuk bisa tampil baik meski dalam kedaan offline (internet mati) layaknya aplikasi native

AMP (Accelerate Mobile Pages) : kemampuan web untuk tetap optimal meski di akses dari jaringan lemot

Kesimpulan

Jadi, tugas dari seorang front end developer adalah memastikan tampilan website sesuai design di berbagai browser dan perangkat, sehingga user nyaman saat sedang mengunjungi website.