Apa itu PWA? Ini Penjelasan Simpelnya

Apa itu PWA?

Pernah ga buka website lewat HP atau perangka lain perangkat komputer atau laptop. Trus saat offline atau internet mati, kamu tetap bisa mengakses website yang tadi kamu buka.
Jika pernah, selamat kamu telah bertemu dengan si PWA!

Pengertian PWA

Secara teknis PWA(Progressive Web App) adalah sebuah cara untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik kepada user yang berkunjung kesebuah website.

Maksud pengalaman yang lebih baik di sini adalah sebuah upaya agar user tetap bisa mengakses halaman website layaknya membuka sebuah aplikasi native yang biasanya harus diinstall terlebih dahulu. Bahkan website PWA bisa diakses meski koneksi internet terputus.

Tidak seperti website pada umumnya yang jika tidak ada internet, maka halaman website tidak bisa diakses atau rusak. Misalnya jika kalian mengakses website di browser Crome maka akan muncul anak dinosaurus. hehehe.

Kondisi saat membuka website tapi tidak ada koneksi internet

Kelebihan PWA

Perkembangan teknologi dari zaman dulu sampai sekarang muncul istilah PWA, pada dasarnya dilatar belakangi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan user.

Adanya PWA tentu banyak memberikan manfaat yang lebih untuk user dan developer, diantaranya:

  • Website bisa seperti aplikasi native, jadi user tidak perlu menginstall dan developer tidak perlu membuat 2 aplikasi web dan aplikasi native.
  • Size lebih kecil daripada ketika harus install app.
  • PWA bisa diakses di berbagai platform. Tidak seperti aplikasi native, harus build untuk Android dan IOS atau bahkan Windows.

Keterbatas PWA

PWA disinyalir akan menjadi future app di masa depan, dengan prediksi seiring waktu, user akan malas untuk mendownload aplikasi.

Namun masih ada beberapa keterbatas PWA yang tidak bisa dilakukan layaknya aplikasi native, antara lain:

  • PWA belum mampu mengakses daftar kontak yang ada di handphone.
  • PWA belum mampu membaca text dari SMS.
  • PWA belum mampu membuat Task Schedule
  • PWA belum mampu mengakses geofencing
  • PWA belum mampu digunakan untuk Virtual Reality
  • PWA belum mampu digunakan NFC
  • PWA belum mampu untuk Wakelock
  • PWA belum mampu untuk Proximity Sensors

untuk lebih jelasnya mengenai apa saja yang bisa dilakukan oleh website, kamu bisa baca disini https://whatwebcando.today/

Cara Kerja PWA

Bagaimana PWA bisa memberikan pengalaman yang lebih baik daripada website pada umumnya?. Karena PWA akan menyimpan data di local storage, sehingga pada saat koneksi terputus atau tidak ada koneksi, tampilan PWA akan tetap bagus.

Sebagai catatan:
Tidak semua halaman pada website PWA dapat kita akses. Melainkan hanya pada halaman tertentu saja yang telah kita buka pada saat koneksi internet masih ada dan datanya telah tersimpan di local storage.

Dan biasanya, jika kamu mengklik link menuju halaman yang belum tersimpan, maka akan diarahkan ke halaman beranda/homepage dari website PWA.

Contoh PWA

Penutup

Teknologi masih terus dan selalu berkembang. Setahun mendatang mungkin akan muncul penemuan baru guna memanjakan user.

Semoga uraian singkat tentang diatas bisa memberikan sedikit pemahaman untuk kamu yang masih bingung tentang PWA.